Lebih baik diam

banyak hal yang akan terangkai ketika kita mencoba diam.
salah satunya saya temukan daerah kepura-puraan.
saya lebih suka menyebutnya
zona kebohongan
panggung sandiwara
wilayah kepalsuan
atau daerah ketidakjujuran

manusia banyak yang mengambil bagian. tapi kali ini saya mencoba diam.
mereka sibuk saya diam.
si ini sibuk menjadi si itu. si itu mencoba menjadi si ini.
mereka bergerak saya diam.
memperhatikan langkah lincah mereka dengan topeng masing-masing seolah memperagakan tarian.

mereka berbicara saya diam.
mereka tersenyum tapi saling menusuk
di depan mereka berbisik tapi di belakang saling berteriak
sangat aneh.
lalu saya diam.

mereka kembali tertawa padahal merasa tersakiti
ada yang balas menyakiti padahal tidak tersakiti
lalu tertawa ketika ada yang tersakiti.
lagi-lagi aneh
lalu siapa yang seharusnya tertawa
siapa yang harus tersakiti
saya diam.

kenapa saling menyakiti jika yang diperlukan hanya tertawa. kenapa tertawa padahal tersakiti.
mereka hebat berlakon di panggung sandiwara
dengan watak dan alur yang terasa sempurna.
ini menarik, kepalsuan dilombakan jadi daya tarik.
semua terbalik.
saya rasa diam lebih baik.

"when I am silent, I have thunder hidden inside" - Rumi

0 comments:

Post a Comment